Resep Kue Mochi Isi Kacang Jepang Asli

Posted on

Resep Kue Mochi Isi Kacang – Kue yang satu ini diperlukan pengetahuan yang cukup dalam proses pembuatanya. Sebab, jika dilakukan dengan asal alih-alih ingin membuat kue mochi yang lezat justru “lem ketan” yang menjengkelkan. Ya, jika tidak dilakukan dengan benar adonan mochi akan menjadi super lengket dan menempel diperabot ¬†yang digunakan.

Resep Kue Mochi Isi Kacang Jepang Asli
Resep Kue Mochi Isi Kacang Jepang Asli

Hasilnya adonan mochi tersebut hanya akan berakhir ditempat sampah karena tidak bisa terlepas dari alumunium foil. Hal tersebut tentu tidak ingin anda alami, terutama bagi yang baru pertama kali memasak kue mochi. Sebenarnya cara membuat kue mochi asal Jepang ini tidak begitu sulit lho asal anda tau tekniknya.

Resep kue mochi jepang yang akan kami sajikan berikut ini, akan menuntun anda membuat kue mochi yang benar dan lezat tentunya. Bahan utama kue mochi pada umumnya adalah beras ketan. Di Jepang ada juga sejenis tepung beras namun manis atau yang disebut mochiko yang digunakan untuk membuat kue mochi tersebut.

Sementara itu di Indonesia, kue mochi dikenal sebagai makanan khas Sukabumi. Kue ini biasanya dijal para pedagang asongan di perempatan jalan. Umumnya kue mochi khas sukabumi berbentuk bulat kecil dan dikemas menggunakan keranjang bambu. Rasa kenyal manis dari kue ini memang kerap membuat ketagihan. Jika anda adalah salah satunya, cobalah untuk membuat sendiri dengan resep berikut ini. Bahan isi yang digunakan pada resep kali ini adalah kacang hijau. Berikut resep selengpanya:

Resep Kue Mochi Isi Kacang

Bahan Mochi

  • tepung ketan 400 gram
  • air 1/2 liter
  • garam 1/2 sendok teh
  • santan kental 100 ml
  • gula pasir 100 gram
  • tepung sagu, sangrai terlebih dahulu (untuk melumuri kue)

Cara Membuat Kue Mochi Jepang

  1. Pertama-tama kupas kacang hijau dan rendam selama kurang lebih 1 jam. Kukus sampai matang kira-kira 10 menit lalu tiriskan.
  2. Siapkan blender dan masukan kacang hijau, gula, santan dan garam lalu blender sampai halus.
  3. Tuangkan dalam wajan anti lengket dan tambahkan daun pandan. Masaklah dengan api kecil sampai air mengering sambil terus diaduk.
  4. Angkat adonan jika sudah mudah dibentuk dan kalis.
  5. Sekarang kita membuat adonan mochinya. Campur tepung ketan dan air 250 cc pada sebuah mangkuk, aduk rata. Tuangkan kembali sisa air dan aduk-aduk sampai terbentuk adonan yang agak cair.
  6. Letakan kain bersih diatas mangkuk dan tuangkan adonan diatasnya. Peraslah sampai ari habis dan tampung air perasan tersebut.
  7. Siapkan panci dan masak air perasan tepung sebanyak 50 ml ditambah garam, gula dan santan.
  8. Tuangkan adonan tepung ketan yang sudah diperas airnya tadi dalam mangkok. Tuangkan larutan santan diatas, aduk rata.
  9. Siapkan loyang dan lapisi dengan kertas roti. Tuangkan adonan mochi diatasnya dan kukus selama 20 menit.
  10. Keluarkan aodnan dari loyang untuk dibentuk. Adonan tersebut cukup lengket, untuk itu lumuri tangan anda dengan tepung sangrai.
  11. Ambil sedikit adonan mochi, lalu pipihkan. Letakan sedikit adonan isi ditengahnya dan bentuk menjadi bulat. Lakukan sampai habis
  12. Lumuri kue mochi diatas dengan tepung sagu yang sudah disangrai.
  13. Tata diatas piring dan kue mochi isi kacang siap disajikan.

Resep Kue Mochi Isi Kacang Asli Jepang tersebut bisa disajikan dalam 40 sampai 50 butir. Umumnya ukuran kue mochi tidak begitu besar kira-kira berdiameter 3 cm. Sebaiknya anda membuat kue mochi ini dalam porsi yang cukup disantap sekali langsung habis. Pasalnya kue ini mengandung santan sehingga tidak bertahan lama. Apabila disimpan dalam lemari pendingin jsutru akan membuat kue mochi menjadi keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *