Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran Yang Enak

Posted on

Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran – Puasa tinggal beberapa hari lagi, itu artinya lebaran semakin dekat. Salah satu hidangan yang tak boleh terlewatkan saat moment lebaran adalah ketupat. Ya lebaran memang identik dengan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda atau janur ini. Ketupat biasanya disajikan bersama opor ayam, sehingga menyajikan hidangan yang sangat menggugah selera.

Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran Yang Enak
Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran Yang Enak

Cara membuat kulit ketupat sendiri cukup rumit, sehingga jika anda tidak bisa membuatnya cukup membeli. Saat menjelang lebaran biasanya di pinggir-pinggir jalan banyak yang menjualkulit ketupat dari janur. Setelah membelinya, tinggal mengisinya dengan beras dan memasaknya. Jika masih bingung simak resepnya berikut ini.

Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran

  1. Sebelumnya siapkan dulu bahan yang akan digunakan yakni beras pulen (pandan wangi, rojolele dsb) serta kulit ketupat. Sebaiknya pilihlah kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar bisa matang secara bersamaan.
  2. Cuci bersih kulit ketupat lalu tiriskan
  3. Cuci bersih beras dan rendam dalam air dingin selama kurang lebih 1 jam.
  4. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada rendaman beras (optional)
  5. Isilah kulit ketupat dengan beras sampai 2/3 bagian
  6. Siapkan panci besar, dan susun ketupat didalamnya.
  7. Isi panci dengan air panas kemudian masak antara 2-3 jam sampai ketupat padat. Apabila air berkurang, tambahkan air secukupnya
  8. Angkatlah ketupat lalu tiriskan dan gantung pada tempat yang berangin.

Mudahlah cara membuat ketupat lebaran? Setelah matang, potong ketupat sesuai selera dan santaplah dengan opor ayam atau lainya. Perlu anda ketahui beras yang sebelumnya direndam dengan air kapur sirih akan membuat kenyal dan lebih awet. Perhatikan juga saat proses perebusan, usahakan ketupat selalu terendam dalam air agar bisa matang sempurna. Setelah matang, baiknya diangin-anginkan dulu agar kandungan air berkurang. Hal tersebut bertujuan agar ketupat tidak cepat basi. Nah semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sebentar lagi akan merayakan idul fitri atau lebaran. Jangan sampai momen lebaran anda tanpa ada ketupat dan opor ayam apalagi jika sanak keluarga berkumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *